Rabu, 25 Januari 2017

SINOPSIS


A. Pengertian
   Sinopsis adalah ringkasan singkat dari poin utama dari kerja subjek atau tertulis atau cerita, baik sebagai prosa atau sebagai meja; sebuah ringkasan atau kondensasi karya.

B. Latar Belakang
    rangkaian ringkasan yang singkat namun mampu menjelaskan cerita secara keseluruhan, sehingga meski hanya singkat, orang akan lebih mudah memahami alur cerita yang sesungguhnya.

C. Maksud Dan Tujuan 
    Agar untuk memudahkan mengembangkan ide ketika penyusunan skenario.

D. Pembahasaan
    Dalam menulis sinopsis, kita perlu memberikan gambaran unsur-unsur dalam ceritanya kelak yang dianggap mengandung nilai dramatik. Karenanya, dalam menulis sinopsis, perlu dirumuskan lebih dulu tema yang mendasari cerita. Selanjutnya tuliskan unsur-unsur yang dianggap dapat melahirkan kejadian-kejadian yang bakal membangun suasana dramatik.

  Unsur-unsur yang perlu digambarkan itu adalah:

* Karakter tokoh-tokoh yang terlibat dalam cerita.
* Hambatan-hambatan apa yang dialami oleh para tokoh itu 
* Kejadian-kejadian yang di anggap dramatik
* Tempat dan waktu cerita berlangsung juga perlu dituliskan dalam sinopsis, agar di peroleh gambaran bagaimana hubungan manusia yang di ceritakan tersebut.

   Karenanya setiap produser hanya dapat membahas prediksi bagi bakal produksinya jika sudah ada kejelasan cerita melalui treatment dan skenario. Melalui treatment dapat diketahui suasana dan tangga dramatik cerita, sementara dari skenario dapat diprediksi biaya dan waktu yang diperlukan untuk berproduksi.

    Isi ringkasan yang terdapat pada sinopsis diantaranya adalah

1.      Garis besar jalan cerita.

Meski cerita diuraikan secara ringkas, namun harus memperlihatkan alur cerita yang jelas.
2.      Tokoh protagonis
Tokoh protagonis harus dijelaskan siapakah dia? Apa keinginannya? Apa kejelekannya? Kelebihannya? Bagaimana membuat simpati padanya?
3.      Tokoh antagonis.
Tokoh Antagonis harus dijelaskan siapa dia? Kenapa dia harus menghambat tokoh protagonis? Apa alasannya? Apa kemampuannya untuk membuat penonton antipati?
4.      Tokoh penting yang menunjang plot utama/jalan cerita utama.
Tokoh-tokoh yang penting untuk menunjang plot utama atau alur utama. Teman Protagonis atau Antagonis. Penggambaran tokoh ini sudah harus jelas ketika tokoh ini membuat bagian penting dalam bergulirnya sebuah cerita.
5.      Problem Utama
Harus terlihat problem utama yang melahirkan alur utama cerita. Problem utama itulah yang membuat sasaran perjuangan protagonis sampai akhir.
6.      Motif utama.
Penilaian atas motif utama sejalan dengan problem utama, yakni apakah motif utama mendorong protagonis melahirkan cerita memang sesuai dengan problem utama yang melahirkannya.
7.      Klimaks dan Penyelesaian
Pencapaian klimaks merupakan hal yang amat penting untuk dinilai karena klimaks adalah puncak dari tangga dramatik. Jika diandaikan klimaks harus berada tepi tebing yang curam dan sangat berbahaya. Alur cerita harus membawa protagonis ke arah tebing yang berbahaya!
8.      Kesimpulan
     Apa yang ingin disampaikan dalam cerita harus bisa disimpulkan dalam
      sinopsis. Jika dalam sinopsis belum bisa disimpulkan maka perlu tambahan 
      informasi yang jelas.
E. Kesimpulan 
    Sinopsis adalah ringkasan singkat dari poin utama dari kerja subjek atau
tertulis atau cerita, baik sebagai prosa atau sebagai meja. sebuah ringkasan
atau kondensasi karya
F. Referensi