TOOL-TOOL PADA BLENDER
A.PENGERTIAN
Pada blender terdapat beberapa tool untuk membuat objek 3D yaitu :
B.LATAR BELAKANG
Animasi sebenarnnaya hal terpenting dalam kehidupan sehari-hari dengan adanya blender kita dapat mengenali lebih dalam tentang 3D khususnya animasi 3D.
C.MAKSUD DAN TUJUAN
Agar lebih memahami tentang Konsep 3D dan Memahami Blender 3D dengan mudah.
E.KESIMPULAN
Pada Blender terdapat 3 Panel Utama, yaitu:
1. Menu
2. View Port
3. Tool Button
MENU
o File
merupakan menu utama seperti pada program Windows lainnya, yang
digunakan untuk melakukan new, open, save, close, setting dsb
o Add digunakan untuk menambahkan objek-objek, baik kamera, lighting dan objek 3D
o Timeline berguna untuk mengatur animasi
o Game berguna untuk memulai scripting program game
o Render berfungsi untuk melihat hasil rendering dan settingnya
o Help digunakan untuk melihat bagaimana blender bekerja dan berbagai jawaban untuk pertanyaan dari user
VIEW PORT
Pada View Port, terdapat 3 objek, yaitu Cube, Ligthing dan Camera. Secara default, View Port memiliki axis X dan Y
Kita
dapat melihat membagi View Port menjadi beberapa bagian, caranya adalah
arahkan kursor ke pembatas antara Panel Menu dan Panel View Port,
hingga kursor berubah bentuk menjadi tanda split, lalu klik kanan dan
pilih Split Area. Split Area ini bisa secara vertical maupun horizontal.
Untuk
memudahkan kita melihat dari berbagai sudut pandang, kita bisa
mengaturnya melalui Preferences, yang tersembunyi di atas Panel Menu,
jadi untuk melihat Preferences, arahkan kursor ke batas antara Panel
Menu dan Panel View Port, hingga kursor berubah bentuk, kemudian tarik
Panel Menu ke bawah, sampai muncul Preferences.
Klik
tanda View & Controls, yang paling penting disini adalah button
View Name, yang berfungsi untuk menampilkan nama dari sudut pandang.
Dalam
Blender, untuk memilih dan menseleksi objek kita mempergunakan klik
kanan, berbeda dengan program Windows lainnya yang cenderung menggunakan
klik kiri.
Untuk mengubah sudut pandang, kita bisa menggunakan Num Lock:
o Angka 1 = untuk melihat dari depan
o Angka 2 = untuk merotasi objek searah jarum jam
o Angka 3 = untuk melihat dari kanan
o Angka 4 = untuk merotasi objek dari sebelah kanan
o Angka 5 = untuk melihat dari prespektif atau orthografik (tekan Scroll Wheel dan drag untuk mendapatkan view dari orthografik)
o Angka 6 = untuk merotasi objek dari sebelah kiri
o Angka 7 = untuk melihat dari atas
o Angka 8 = untuk merotasi objek berlawanan jarum jam
Untuk melakukan Zoom pada View Port maupun Panel Button, kita bisa menggunakan tombol + untuk Zoom In dan –
untuk Zoom Out. Pada View Port untuk melakukan penggeseran objek bisa
menggunakan CTRL + Scroll untuk menggeser ke kiri dan kanan dan SHIFT +
Scroll untuk menggeser ke atas dan bawah.
View
Port akan aktif dimana mouse berada, artinya jika kita mengklik pada
View Port Top, maka View Port Top lah yang aktif. Untuk melihat Full
Screen dari suatu View Port, tekan CTRL + Up. Tekan CTRL + Up lagi untuk
kembali ke kondisi View Port sebelumnya.
Blender juga menyediakan berbagai macam tampilan View Port, diantaranya:
1. Animation
2. Model
3. Material
4. Sequence
5. Scripting
Untuk
memilih objek pada View Port, tekan SHIFT + Klik Kanan, pada objek yang
dipilih ditandai dengan perubahan warna menjadi merah muda, warna yang
lebih terang menandakan objek tersebut yang aktif.
TOOL BUTTON
o Transform Manipulator Mode (simbol segitiga merah) digunakan untuk mengambil objek
o Rotate Manipulator Mode (simbol lingkaran hijau) digunakan untuk merotasi objek
o Scale Manipulator Mode (simbol persegi biru) digunakan untuk memperbesar atau memperkecil objek
o Transform Orientation digunakan untuk merubah orientasi saat mentransformasi
o Rotating
/ Scalling Pivot (simbol titik hitam beserta tanda panah), pivot adalah
titik pusat dari suatu objek, secara default pada blender kita
menggunakan Median Point
1. Modeling
Adalah untuk pembuatan model pada awal 3D
2. UV Mapping
Adalah untuk memindahkan objek berdasarkan vertexnya
3. Texturing
Adalah pembuatan textur pada objek bisa dengan meload gambar dari kita sendiri, ataupun dari bawaan blender.
4. Rigging
Adalah untuk pembuatan tulang/ bones pada objek
5. Skinning
Adalah pemberian skin pada objek/ model
6. Animasi
Adalah pembuatan animasi/ gerakan pada objek dengan mengunakan time line.
7. Particle
Adalah untuk pembuatan particle pada objek / model.
Dan untuk simulasi tedapat:
1. Scripting
2. Rendering
3. Compositing
4. Post production
5. Game creation.
B.LATAR BELAKANG
Animasi sebenarnnaya hal terpenting dalam kehidupan sehari-hari dengan adanya blender kita dapat mengenali lebih dalam tentang 3D khususnya animasi 3D.
C.MAKSUD DAN TUJUAN
Agar lebih memahami tentang Konsep 3D dan Memahami Blender 3D dengan mudah.
E.KESIMPULAN
- Blender adalah perangkat lunak sumber terbuka grafika komputer 3D. Perangkat lunak ini digunakan untuk membuat film animasi, efek visual, model cetak 3D, aplikasi 3D interaktif dan permainan video.
- Dan animasi sebenarnnaya hal terpenting dalam kehidupan sehari-hari dengan adanya blender kita dapat mengenali lebih dalam tentang 3D khususnya animasi 3D.
- https://id.wikipedia.org/wiki/Blender_(perangkat_lunak)
- http://ardi-firmansyah.blogspot.co.id/2010/11/blender-getting-started.html
- http://www.pusatgratis.com/software/software-desain/membuat-animasi-3d-dengan-blender-3d.html