Selasa, 15 November 2016

APA ITU BLC?


BLC TELKOM adalah tempat pelatihan internet dan komputer yang dilengkapi dengan ruang pembelajaran yang komprehensif, ruangan ber-AC, fasilitas Personal Computer (PC), koneksi internet dan Free WIFI Hotspot.




Perkembangan teknologi informasi dan telekomunikasi telah mengubah pola dan perilaku Manusia. Seiring dengan terus menguatnya tingkat persaingan, dibutuhkan adanya media atau ruang belajar yang disediakan secara gratis untu pencegahan dampak negatif dari internet, yang efektif, optimal, efisien dan konsisten yang dapat dimanfaatkan oleh semua kalangan masyarakat atau Pemerintahan.

Boadband Learning Center (BLC) Telkom Klaten bisa menjadi salah satu jawaban akan kebutuhan masyarakat selama ini. Dimana BLC Telkom Klaten merupakan pusat pelatihan internet yang memanfaatkan Rumah Dinas Pemkab Klaten yang dimodifikasi dilengkapi dengan sarana komputer dan akses internet broadband dari Telkom didukung infastruktur pelatihan dari Kelompok Pecinta Linux Indonesia (KPLI) Klaten. Dimana masyarakat maupun pemerintahan dapat memanfaatkan BLC Telkom Klaten untuk meningkatkan pengetahuan internet dan Teknologi Informasi dan Komunikasi secara gratis. BLC Telkom Klaten berada di Kabupaten Klaten yaitu kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Pusat pemerintahan berada di Kota Klaten. Secara geografis Kabupaten Klaten terletak di antara 110°30'-110°45' Bujur Timur dan 7°30'-7°45' Lintang Selatan dengan luas wilayah kabupaten Klaten mencapai 665,56 km2. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Boyolali di utara, Kabupaten Sukoharjo di timur, serta Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta di selatan dan barat.
BLC Telkom Klaten yang diresmikan pada Hari Kamis, 16 Juli 2013 oleh Bupati Klaten H. Sunarna, SE adalah salah satu program dari Klaten GO ONLINE. Klaten GO ONLINE merupakan konsep Klaten menjadi sebuah wilayah yang memiliki koneksi terintegrasi dalam berbagai bidang sehingga memberikan dampak praktis dan efisien dalam pengelolaan sistem informasi wilayah. Pembentukan Broadband Learning Center (BLC) Telkom Klaten Berawal dari Nota Kesepahaman Antara Pemerintah Kabupaten Klaten dan PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk dan Kelompok Pengguna Linux Indonesia (KPLI) Klaten yang memiliki yang memiliki 3 point penting akan kerjasama dalam pengembangan dan Implementasi Klaten GO ONLINE :

  1. Implementasi Indonesia Wifi, yaitu layanan internet WiFi, untuk masyarakat Klaten, termasuk program indischool yaitu internet WiFi untuk sekolah, kampus dan Lembaga Pendidikan di Kabupaten Klaten
  2. Pengelolaan Broadband Learning Center (BLC) sebagai wahana meningkatkan pengetahuan dan keahlian Pegawai Negeri Sipil da Lingkungan Pemerintahan dan Masyarakat di Bidang IT
  3. Pembuatan Master Plan Kabupaten Klaten di Bidang IT menuju Klaten GO Online.
VISI :
"Membentuk masyarakat peduli terhadap Teknologi Informasi dan Komunikasi sehingga dapat diterapkan sesuai dengan bidangnya."
 
MISI :
"Memberikan pelatihan Teknologi Informasi dan Komunikasi kepada masyarakat secara GRATIS."
 
 
Kelas Pelatihan 
BLC TELKOM Klaten menawarkan 3 kelas pelatihan sesuai dengan tingkatan kebutuhan masyarakat yaitu :
  • Kelas Basic (Dasar) : Pengenalan Internet Sehat, Browsing dan Searching serta E-mail
  • Kelas Intermediate (Lanjutan) : Internet Sehat dan Social Media Blogging
  • Kelas Advantage (Mahir) : Open Source, Web Development dan Internet Network
 REFERENSI