Senin, 21 November 2016

MANAGEMEN PROYEK

Pengertian.
Apasih itu manajemen proyek?
Menurut George R Terry telah merumuskan manajemen proyek itu adalah
dengan POAC. Atau Planning,Organizing,actuating,Controlling. Mari kita bahas satu persatu ya sobat pelajar


    Latar Belakang

  Kurangnya perhatian pekerja kepada standar operasional prosedur untuk keselamatan kerja dirinya sendiri



  Maksud dan tujuan

  Agar Pekerja memerhatikan SOP yang sangat penting disaat bekerja







  === Planning atau perencanaan. adalah proses secara sistematis mempersiapkan kegiatan guna mencapai tujuan dan sasaran tertentu. Kegiatan diartikan Sebagai kegiatan tanggung jawab pelaksama ( kontraktor ) maupun pengawas ( konsultan ). konstraktor dan konsultan harus mempunyai konsep planning yang tepat umtuk mencapai tujuan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab masing masing
             
            Pada proses planning perlu diketahui hal - hal sebagai berikut.....
  1. permasalahan yang terkait dengan tujuan dan sumber daya yang tersedia.
 2.cara mencapai tujuan dan sasaran dengan memperhatikan sumber yang tersedia.
 3. penetapan jangka waktu yang dapat disediakan guna mencapai tujuan dan sasaran.
           

  === Organizing atau pengorganisasian. Dimaksudkan sebagai pengaturan atas suatu kegiatan yang dilakukan oleh sekelompok orang, dipimpin oleh pimpinan kelompok dalam suatu wadah organisasi. Wadah organisasi ini menggambarkan hubungan - hubungan struktural dan fungsional yang diperlukan untuk menyalurkan tanggung jawab sumber daya, maupun data

          Organisasi berfungsi untuk.....

 1.Terpeliharanya koordinasi dengan baik
 2. Membantu pimpinannya dalam menggerakkan fungsi - fungsi manajemen
 3. mempersatukan pemikiran dari saluran organisasi yang lebih kecilyang berada di dalam koordinasinya
     ---- Koordinasi vertikal ( menggambarkan fungsi komando )
    ---- Koordinasi horizontal ( menggambarkan interaksi satu level )
    ---- Koordinasi diagonal ( menggambarkan interaksi berbeda level tapi diluar jam kerja )


 ==== Actuating ( Penggerakan )


actuating diartikan sebagai fungsi manajemen untuk menggerakkan orang yang tergabung dalam organisasi agar melakukan kegiatan yang telah ditetapkan didalam planning. Pada tahap ini diperlukan kemampuan pimpinan kelompok untuk menggerakkan , mengarahkan, dan memberikan motivasi kepada anggota kelompoknya untuk secara bersama - sama memberikan konstribusi dalam menyukseskan manajemnem proyek mencapai tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan

    Berikut beberapa metode penerapan actuating menurut George R Terry
 1.  Hargailah seseorang apapun tugasnya sehingga ia merasa keberadannya di dalam kelompok atau organisasi menjadi penting
 2.  Instruksi yang dikeluarkan seorang pimpinan harus dibuat dengan mempertimbangkan adanya perbedaan individual dari pegawainya
 3.  Perlu ada pedoman kerja yang jelas, singkat, mudah dipahami dan dilaksanakan oleh pegawainya


 ==== Controlling ( Pengendalian )


Controlling diartikan sebagai kegiatan guna menjamin pekerjaan yang telah dilaksanakan sesuai dengan rencana. Didalam manajemen proyek, jalan atau jembatan, controlling terhadap pekerjaan kontraktor dilakukan oleh konsultan melalui kontrak supervisi, dimana pelaksanaan pekerjaan konstruksinya dilakukan oleh kontraktor. Pengawas umum ( General Superintendat ) Berkewajiban melakukan pengendalian ( Secara berjenjang ) Terhadap pekerjaan yang dilakukan oleh staf dibawah kendalinya yaitu administration, quantity surveyor, Materials Superintendant, Construction Engineer, dan Equipment Engineer untuk memastikan masing - masing staf sudah melakukan tugasnya dalam koridor ' jaminan kualitas  ( quality assurance) '. Sehiungga tahap - tahap pencapaian sasaran sebagaimana direncanakan dapat dipenuhi.


   Ternyata Proyek berbeda atau tidak sama dengan Program. Lalu?





                       
        Jadi berbedakan antara Program dan proyek...
 Ini perbandingannya...


  






  Itu dia perbandingannya..  Lalu apa sih kegunaan manajemen proyek?







   Ini dia Kriteria dan Pemahaman Struktur manajemen Proyek...










 Kesimpulan : Proyek itu Jelas waktunya, tempat dan metodenya. Tidak rutin dan ada alasam yang jelas. Menurut George R Terry, Manajemen Proyek itu dirumuskan menjadi POAC. atau Planning, Organizing, Actuating, Controlling. 

Atau rencana, organisasi, gerakan,pantauan. Serta yang paling penting ialah Koordinasi antar semuanya