Senin, 28 November 2016

Teknik-Teknik Pencahayaan

ASSALAMUALAIKUM WR.WB.

selamat sore...setelah kemarin membahas CARA MEMPERKIRAKAN DIAGFRAGMA,SHUTTER SPEED,ISO PADA OBJEK BIDIKAN kali ini saya akan memberi tentang teknik-teknik pencahayaan

SELAMAT MEMBACA


A.MAKSUD DAN TUJUAN
    Untuk membuat hasil objek lebih sempurna dan tidak kekurangan cahaya(low)

B.PENGERTIAN

Apa sih Pencahayaan itu???
Cahaya merupakan elemen yang sangat penting di dalam dunia fotografi. Seperti pada bidang seni lainnya, penyanyi menciptakan karya dengan suaranya, pelukis menciptakan karya dengan kuas dan tintanya, maka seorang fotografer menciptakan karya dengan kamera dan cahaya.

Teknik pencahayaan yaitu:

Front Light

Posisi pencahayaan tepat berada di depan objek,sehingga bagisan depan objek akan mendapatkan cahaya yang penuh.Teknik fornt memiliki kekurangan yaitu cenderung terkesan datar(flat)/tanpa dimensi.
Contoh penggunaan Front Light dapat dilihat ➨di sini.

Oval Light

Posisi pencahayaan berada pada arah 3/4 dari posisi objek atau sekitar 45% dari fotografer.Didalam teknik pencahayaan untuk studio/potraiture,pencahayaan ini dikenal dengan Rembrant Light atau Lip. 
Contoh penggunaan Oval Light dapat dilihat ➨di sinil

Side Light 

Posisi pencahayaan tepat disampng objek dan posisi jatuhnya bayangan berada di sisi yang lain. Side Light juga dikenal dengan Split Light.Karakteristik dari pengguna pencahayaan Side Light ini adalah untuk memunculkan tekstur objek.
Contoh penggunaan Side Light dapat dilihat ➨di sini.


Rim Light 

Posisi pencahayaan berada di bagian belakang dengan sudut 1/4 objek sehingga bagian depan objek tampak gelap dan tercipta kontur yang jelas.
Karakteristik dari penggunaan pencahayaan Rim Light ini adalah untuk memunculkan garis bentuk atau kontur dari objek yang difoto. Contoh penggunaan Rim Light dapat dilihat➠ di sini.


Back Light

Posisi pencahayaan berada tepat di belakang objek sehingga bagian  tepi objek
memunculkan karakteristik bentuk dari objek yang diphoto.Back Light sering digunakan untuk memotret siluet manusia /benda dan menjadi gelap(Black Or White)
Contoh penggunaan Back Light dapat dilihat➨ di sini.

Top Light

Posisi pencahayaan berada tepat diatas objek sehingga memunculkan kilau rambut (hait light)jika posisi cahaya tepat berada diatas atau gak dibelakang objek. Contoh penggunaan Top Light sendiri dapat dilihat➨ di sini.


Ray of Light (RoL)

Karakteristik pencahayaan yang muncul karena terobosan cahaya yang menembus melalui awan,daun atau benda lainnya.Untuk dapat meihat pencahayaan ini,kondisi tempat/lingkungan jatuhnya sinar harus memiliki backkground yang gelap
Contoh penggunaan Ray of Light dapat dilihat ➨ di sini.


Existing Light

cahaya yang tersedia atau fotografi cahaya natural, adalah pembuatan gambar dengan cahaya yang kebetulan berada di tempat kejadian. Ini termasuk cahaya dari meja, lantai, lampu langit-langit, lampu-lampu neon, jendela, lilin, lampu ponsel otomatis, dan jenis cahaya lainnya. Dengan existing light, fotografer memiliki kesempatan untuk membuat gambar yang kreatif dan dramatis. Existing light memungkinkan kebebasan bergerak untuk sang fotografer karena peralatan pencahayaan tambahan tidak diperlukan. Jarak subjek, bila tidak menggunakan flash, tidak mempengaruhi pada exposure/paparan.
Contoh dapat dilihat ➡ di sini


Outdoor Light(Cahaya malam hari)

foto malam outdoor berwarna adalah sebelum benar-benar gelap. Pada saat ini, beberapa biru (atau bahkan oranye) ada di langit. Warna ini dalam di senja memberikan latar belakang yang dramatis untuk fotomu. Banyak bangunan terlihat agak biasa di siang hari, tapi pada malam hari, mereka sering terlihat menarik.Contoh dapat dilihat ➡ di sini
 


B.KESIMPULAN
    Bahwa cahaya itu harus perlu untuk mendapatkan suatu objek yang sedang kita ambil

C.REFERENSI 
   1. https://tutorialnikond3100.blogspot.co.id/2014/07/teknik-pencahayaan-  fotografi.html
   2.http://www.idseducation.com/articles/teknik-pencahayaan-dalam-fotografi/