Selasa, 06 Desember 2016

MENGENAL TENTANG APLIKASI OPEN SOURCE YAITU INKSCAPE

ASSALAMUALAIKUM WR.WB

Baiklah kali ini saya akan menjelaskan tentang aplikasi open source yaitu inkscape.


apa guna aplikasi inkscape ini...???

A.PENGERTIAN

aplikasi ini dibuat untuk mendesain 2d dan 3d dalam desain grafis 

baiklah mari kita liat bersama-sama mengenai aplikasi desain ini

Inkscape adalah aplikasi gratis dan open-source editor grafis vektor dapat digunakan untuk membuat atau mengedit vektor grafis seperti ilustrasi, diagram, seni garis, grafik, logo dan lukisan yang kompleks. primer format vektor grafis Inkscape adalah Scalable Vector Graphics (SVG), namun banyak format lain dapat diimpor dan diekspor.

Inkscape dapat membuat bentuk primitif vektor (misalnya kotak, elips, poligon, busur, spiral, bintang dan kotak 3D) dan teks.Objek-objek ini dapat diisi dengan warna solid, pola, radial atau gradien warna linear dan perbatasan mereka dapat membelai, baik dengan transparansi disesuaikan. Embedding dan tracing opsional grafis raster juga didukung, memungkinkan editor untuk membuat grafik vektor dari foto dan sumber raster lainnya.Bentuk yang dibuat dapat lebih dimanipulasi dengan transformasi, seperti bergerak, berputar, scaling dan skewing.

dan beginilah tampilan dari inkscape

B.SEJARAH(HISTORY) 


inkscape dimulai pada tahun 2003 sebagai garpu kode dari proyek Sodipodi. Sodipodi, dikembangkan sejak tahun 1999, itu sendiri didasarkan pada Gill (GNOME Ilustrasi Aplikasi) Raph Levien ini .suatu Inkscape FAQ menafsirkan kata Inkscape sebagai senyawa tinta dan scape.

Empat mantan pengembang Sodipodi (Ted Gould, Bryce Harrington, Nathan Hurst, dan MenTaLguY) memimpin garpu; mereka mengidentifikasi perbedaan atas tujuan proyek, keterbukaan terhadap kontribusi pihak ketiga, dan ketidaksetujuan teknis sebagai alasan mereka untuk forking. Dengan Inkscape, mereka mengatakan mereka akan fokus pengembangan pada penerapan standar SVG lengkap, sedangkan pengembangan Sodipodi menekankan mengembangkan tujuan umum editor grafik vektor, mungkin dengan mengorbankan SVG.

Berikut garpu, pengembang Inkscape berubah itu sangat: mereka mengubah bahasa pemrograman dari C ke C ++; mengadopsi GTK + (sebelumnya GIMP Toolkit) toolkit C ++ binding (gtkmm); didesain ulang antarmuka pengguna, dan menambahkan sejumlah features.Notably baru, pelaksanaan Inkscape untuk standar SVG, meskipun tidak lengkap, telah menunjukkan perbaikan secara bertahap.

Sejak tahun 2005 Inkscape telah berpartisipasi dalam Google Summer of Code program.Up hingga akhir November 2007, sistem pelacakan bug Inkscape ini diselenggarakan di SourceForge. Setelah itu pindah ke Launchpad.

 C.KEUNTUNGAN DAN KELEBIHAN

Keuntungan menggunakan inkscape :
1.       Gratis
Kelebihan yang paling utama itu adalah inkscape gratis / open source karena tidak seperti aplikasi berbayar laiinya yang harus mengeluarkan anggaran dalam penggunaannya .
2.       File ringan
Ukuran dan program dari inkscape ini cukup ringan , tentu sangat berdampak positif bagi pengolahan memory pada hardisk.
3.       Banyak pilihan warna
Secara default inkscape dilengkapi dengan panel warna yang dinamakan palette . di palette tersebut disediakan pilihan warna dari terang hingga ke palinng tergelap.
4.       File document yang berkulaitas
File inkscape ini tidak kalah saing juga dengan corel draw kualitasnya , serta file inkscape ini dapat dibuka pada aplikasi corel draw
Kelemahan menggnakan inkscape :
1.       Ukuran file yang dapat menjadi lebih besar
File inkscape dapat menjadi lebih besar apabila menggunakan banyak gradasi serta terdapat file jpg yang ukurannya relative besar sehingga dapat membuat aplikasi ini menjadi tidak berjalan.
2.       Tidak dapat mengedit file document dari software yang berbeda
Inkscape tidak dapat mebaca dan mengedit document dari corel draw.
3.       Export hanya satu extensi
Kekurangan ini yang sangat paling terasa ketika mengexport hanya bisa satu extensi saja yaitu PNG.

 D.TOOL

TOOLBOX
1. SELECT TOOL
2. NODE TOOL
3. TWEAK TOOL
4. ZOOM TOOL
5. RECTANGLE TOOL
6. 3D BOX TOOL
7. ELLIPSE
8. STAR TOOL
9. SPIRAL
10. PENCIL TOOL
11. PEN TOOL
12. CALLIGRAPHY TOOL
13. BUCKET FILL TOOL
14. TEXT TOOL
15. CONNECTOR TOOL
16. GRADIENTS
17. DROPPER TOOL
18. DLL

E.KESIMPULAN

Dari Kesimpulan bahwa
1. Inkscape adalah aplikasi gratis dan open-source editor grafis vektor dapat digunakan untuk membuat atau mengedit vektor grafis seperti ilustrasi, diagram, seni garis, grafik, logo dan lukisan yang kompleks.
2.  inkscape dimulai pada tahun 2003 sebagai garpu kode dari proyek Sodipodi.Dan dikembang sampai pada tahun 2013 yang seperti inkscape sekarang.

F.REFERENSI