Sabtu, 04 Februari 2017

SHARING BERSAMA MBAH SURO "7 OSI LAYER"


A. Pengertian
   OSI Layer adalah sebuah model arsitektural jaringan yang dikembangkan oleh badan International Organization for Standardization (ISO) di Eropa pada tahun 1977. OSI sendiri merupakan singkatan dari Open System Interconnection. Model ini disebut juga dengan model "Model tujuh lapis OSI" (OSI seven layer model).
    Sebelum munculnya model referensi OSI, sistem jaringan komputer sangat tergantung kepada pemasok (vendor). OSI berupaya membentuk standar umum jaringan komputer untuk menunjang interoperatibilitas antar pemasok yang berbeda. Dalam suatu jaringan yang besar biasanya terdapat banyak protokol jaringan yang berbeda. Tidak adanya suatu protokol yang sama, membuat banyak perangkat tidak bisa saling berkomunikasi.

B. Latar Belakang

   Model Open Systems Interconnection (OSI) diciptakan oleh International  Organization for Standardization (ISO) yang menyediakan kerangka logika  terstruktur  bagaimana proses komunikasi data berinteraksi melalui jaringan. Standard ini dikembangkan untuk industri  komputer agar komputer dapat berkomunikasi pada jaringan yang berbeda secara efisien.

 C. Maksud dan Tujuan

   Agar memahami dan mengerti apa itu OSI layer sebenarnya

D. Pembahasan

  

  
   Terdapat 7 Layer pada model OSI. Setiap layer bertanggung jawab secara khusus pada proses komunikasi data. Misal, satu layer bertanggung jawab untuk membentuk koneksi antar perangkat, sementara layer lainnya bertanggung jawab untuk mengoreksi terjadinya "error" selama proses tranfer data berlangsung.
   Model layer OSI dibagi dalam dua group: "upper layer" dan "lower layer". Upper layer fokus pada aplikasi pengguna dan bagaimana file dipresentasikan di komputer. Untuk Network Engineer, bagian utama yang menjadi perhatiannya adalah pada lower layer.


7 Layer Osi
   Model OSI terdiri dari 7 layer, diantaranya:
        1. Application
        2. Presentation
        3. Session
        4. Transport
        5. Network
        6. Data Link
        7. Physical

Model OSI

   Tujuan utama penggunaan model OSI adalah untuk membantu desainer jaringan memahami fungsi dari tiap-tiap layer yang berhubungan dengan aliran komunikasi data. Termasuk jenis-jenis protokol jaringan dan metode tranmisi.
   Model dibagi menjadi 7 layer, dengan karakteristik dan fungsinya masing-masing. Tiap layer harus dapat berkomunikasi dengan layer diatasnya maupun di bawahnya seceara langsungmelalui serentetan protokol dan standar.

E. Kesimpulan

    adalah sebuah model arsitektural jaringan yang dikembangkan oleh badan International Organization for Standardization (ISO) di Eropa pada tahun 1977. OSI sendiri merupakan singkatan dari Open System Interconnection. Model ini disebut juga dengan model "Model tujuh lapis OSI" (OSI seven layer model).

F. Referensi